Friday, November 2, 2012

[INA] Cloud Computing

Beberapa vendor dan analis sering mendefinisikan Cloud Computing atau komputasi awan sebagai pembaharuan versi dari kegunaan komputasi: intinya server maya yang tersedia di Internet. Bahkan ada juga beberapa arti luas, memperdebatkan segala hal yang kalian konsumsi diluar firewall itulah yang disebut dengan Cloud Computing, termasuk di dalamnya sumber-sumber umum. Sebenarnya, Cloud Computing adalah cara untuk meningkatkan kemampuan atau menambah kemampuan tanpa menanamkan infrastruktur baru, melatih pegawi baru, atau menggunakan sofware baru. Cloud Computing juga menyediakan layanan langganan atau layanan bayar tiap menggunakan , dalam real time melalui Internet, meluas kepada kemampuan TI.

Berikut adalah rincian dari apa saja layanan Cloud Computing:
  1. Software as a Service (SaaS)
    Software sebagai Service adalah aplikasi berbasis awan yang beroperasi di komputer-komputer yang saling berjauhan, dimiliki dan dioperasikan oleh orang lain, dan hal itu terhubung ke komputer para pengguna melalui Internet dan, biasanya, sebuah web browser. Sebagai contoh, gmail milik Google adalah sebuah aplikasi SaaS yang berbasis awan yang menggantikan program-program email tradisional yang beroperasi di komputer Anda, seperti Outlook or Eudora. Atau Zoho Office, Yahoo mail, Google docs, yang menggantikan Word Processor berbasis Desktop Anda.

    2. Platform as a Service (PaaS)

    Platform sebagai layanan menyediakan komputasi awan yang mengirimkan aplikasi bebasis web. Anda membuat aplikasi Anda sendiri yang beroperasi pada infrastruktur penyedia dan dikirimkan ke ara pengguna Anda mealui Internet dari server penyedia,  tanpa membeli dan mengatur hardware pokok, penyediaan dan hosting software. Force.com milik SalesForce.com adalah sebuah contoh PaaS. Pada dasarnya ada empat jenis PaaS:

  • Social application platforms. Facebook adalah contok untuk platform aplikasi sosial, disana kita dapat membuat aplikasi baru yang tersedia bagi semua pengguna. 
  • Raw compute platforms. Infrastruktur milik Amazon menjadi contoh dari raw compute platforms.
  • Web application platforms. Google menyediakan APIs kepada pengembang untuk membuat aplikasi web dimana aplikasi tersebut adalah contoh dari plaform aplikasi web.
  • Business application platform. CRM yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan adalah contoh dari platform aplikasi bisnis.

  1. Infrastructure as a Service (IaaS)

    Infrastructure sebagai layanan (IaaS) adalah pengiriman infrastruktur komputasi sebagai sumber layanan penuh. Contohnya Google, IBM, Amazon.com, dll. IaaS beroperasi dengan model “Bayar yang Anda Gunakan” dimana pengguna hanya membayar untuk apa yang mereka gunakan. IaaS terkadang juga berarti Hardware as a Service (HaaS) atau Hardware sebagai Layanan.

Model penyebaran Cloud Computing:

  1. Public Cloud
Public clouds dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan-perusahaan, layanan dan infrastruktur disediakan untuk berbagai pelanggan. Google adalah sebuah contoh dari Public Cloud. Layanan ini dapat disediakan oleh vendor secara gratis atau membayar.



  • Private Cloud
    Sebuah private cloud dimiliki dan dioperasikan oleh satu perusahaan. Beberapa aplikasi SaaS, seperti SugarCRM, menyediakan pilihan kepada pelanggan mereka untuk memelihara data mereka di tempat mereka sendiri untuk memastikan terjaga kerahasiaannya berdasarkan kebutuhan masing-masing bisnis. Amazon juga menyediakan pilihan virtual private cloud atau awan maya pribadi.

    3. Hybrid Cloud



  • Sebuah hybrid cloud adalah awan pengguna pribadi dihubungkan dengan layanan awan publik. Kenyataannya awan pribadi tidak bisa dihubungkan dengan awan publik perusahaan IT. Sebagian besar perusahaan dengan private cloud akan berkembang untuk mengatur beban kerja melalui pusat data, private clouds dan public clouds, yang kemudian membentuk hybrid clouds.

     4. Community Cloud


  • Dalam model penyebaran komunitas, infrastruktur awan dibagikan kepada beberapa organisasi dengan peraturan dan kebijaksanaan yang sama. Pembagian dalam kelompok besar ini di kemudian hari membantu menurunkan biaya dibandingkan dengan menggunakan Private Cloud.


  • Sumber:

    Penulis:
    Nathasia Austin (12.02.0052)
    Semester Pertama di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.
    Untuk tugas Computer Organization

    For English Version, click here.

    0 komentar:

    Post a Comment

    If you have something in mind, please let me know