Tuesday, May 8, 2018

Omongan Orang

Percaya atau enggak, omongan orang yang paling nyakitin itu omongan dari orang-orang terdekat (keluarga). Pada dasarnya kita itu nggak pernah ambil pusing sama omongan orang yang kita nggak kenal, sebaliknya kita paling tersakiti sama omongan orang-orang yang kita kenal dan ketemu tiap hari.

Di komen hate di socmed itu cuman kaya kegores gertas buku, tapi kalo di komen hate sama keluarga sendiri itu sakitnya kaya ditusuk pisau yg lupa di asah. Hahahaha. Dan seringnya, keluarga sendiri malah yg bikin kita down. Ya ga sih gengs?

Jadi start dari pengalaman pribadi, dan pengalaman temen-temen yang curhat sih:

  1. Lulus SMA, masuk Universitas/Fakultas/Jurusan, terus ada yang tanya "Kamu kok masuk Universitas/Fakultas/Jurusan itu sih? Kan akreditasinya masih C, mending di Univ A lah sudah A".

    Dengan ucapan kaya gitu, tahu nggak usaha apa yg udah dilakuin biar bisa masuk Univ yg akreditasinya C? Mungkin dia udah kerja part time ini itu, cari beasiswa sana sini, demi membiayai kuliah sendiri. Nggak kaya orang lain yg bisa masuk Univ akreditasi A dengan endorse orang tua. (Endorse ya aku bilang, karena ortu nantinya bakal expect something in return pas kalian lulus)

    Bikin hati si anak down dan jadi ngiri sama temen lain yg bisa masuk Univ A dia jadi nganggep dosen2 di kampusnya nggak bagus, dia jadi parno nggak bisa dapet kerjaan bagus, etc. Kuliah jadi nggak semangat, skripsi ditunda-tunda, jadilah MA (red, Mahasisba Abadi) 7 tahun (kalau udah diancam kena DO baru berusaha lulus)

    Jangan bilang alay ya, karena untuk sebagian kecil orang (terutama tipe orang melankolis) perkataan kaya gitu bikin mereka kepikiran terus.
  2. Lulus kuliah, lamar kerja sana sini, akhirnya dapet dengan gaji 7jt/bulan senenglah dia, terus ada yang tanya "Kamu kok mau kerja di Perusahaan L gajinya ga seberapa, lembur-lembur terus. Kenalan saya kerja di Perusahaan A, sama-sama fresh graduate gajinya 30jt/bulan, dapet fasilitas mobil tunjangan ini itu."

    Sejak saat itu dia merasa perusahaannya terlalu demanding, terlalu sering lembur, terlalu pelit fasilitas, terus dia resign dan coba daftar Perusahaan A yg kata-katanya bagus tadi, ditolak. Jadilah pengangguran.
  3. Setelah beberapa saat nganggur akhirnya dapet kerjaan lagi, terus udah nggak mau pindah-pindah lagi nih trauma jadi pengangguran. Akhirnya mulai settle, mulailah kasi orang tau, dikit-dikit. Terus mulailah beli motor/mobil, ganti HP beli baju sepatu make up, terus ditanya "Bisa beli motor/mobil. barang-barang bagus udah bisa bahagiain orang tua belum? Anak saya tahun depan ngajakin pergi ke luar negeri nih, kamu harus gitu juga dong, bahagiain orang tua."

    Terus sejak itu dia merasa jadi anak durhaka yang nggak bisa balas budi. Dia pikir balas budi cuman dari ngajak jalan ke luar negeri, beliin barang-barang mewah, dan dia merasa orang tuanya selama ini tidak bahagia sampe butuh dibahagiakan anaknya. Dia jadi gila kerja, stress kerja, demi dapet uang untuk ngajak jalan/makan/beli hadiah. Sampe akhirnya dia nggak bisa menikmati hidup. Hidup untuk bekerja bukan bekerja untuk hidup.
  4. Akhirnya punya rumah sendiri, mobil sendiri, bisa pergi ke luar kota, tibalah saatnya punya pacar, baru aja beberapa bulan pacaran, karena dianggap udah terlalu tua, jadi ditanya: "Kapan nikah? Udah mapan mau tunggu apa lagi, umur juga udah cukup, langsung aja cepetan."

    Terus lamaranlah berdua, tapi karena belum bener-bener kenal satu sama lain akhirnya putus ditengah jalan karena beda perinsip, dan lain-lain.
  5. Akhirnya dapet pacar baru, pacaran beberapa lama, terus akhirnya nikah nih, terus ditanya "Orang kaya masa nikah gitu aja, masa souvenirnya begitu doang, masak acaranya kecil-kecilan doang, masak honeymoonnya sebentar doang sih?"

    Terus karena gengsi, dia ngadain pesta besar. Semua temen kolega di undang, dikasi penginapan gratis, makan gratis, tidak menerima sumbangan. Terus pergi berlibur keliling eropa 1 bulan. Sampe akhirnya separuh hartanya habis buat foya-foya. Bertahun-tahun jerih payah keringat, darah, air mata habis dalam sebulan. Nggak langsung miskin sih masih kaya banget, tapi 50% hartanya habis.
Tahu nggak, kebanyakan orang yang jelek-jelekin hasil/orang lain itu karena mereka nggak puas dengan hasilnya/dirinya dia sendiri, dan berusaha cari-cari kelemahan hasil/orang lain. Kalau dia puas dengan hasilnya sendiri, dia bakal fokus dengan gimana caranya biar hasilnya makin bagus, dan nggak bakal sempet ngomentarin hidup orang lain.

So... kamu suka nyinyir? Seringnya nyinyirin apa? Nah itulah kekuranganmu sendiri.

Misal nih, km nyinyirin kerjaan orang "Wah penghasilannya si A dikit, lebih enak kerjaannya si B penghasilannya gede". Nah brarti kamu sekarang nggak puas dengan penghasilanmu sendiri.
Terus kalau kamu pernah bilang "Alisnya si C jelek banget kotak gitu, bagus alisnya si D lah curvy." Jadi kamu lagi nggak pede dengan bentuk alismu sendiri.

Kok aku bisa bilang gitu sih? Sok tau banget.
Bukan sok tau ya, karena akupun begitu guys. Udah aku perhatiin baik-baik tiap kali aku nyinyir (yes, aku pun kadang suka nyinyir meskipun nggak di umbar di socmed sih apalagi sampe di sampein ke orang yang bersangkutan, seringnya ngedumel sendiri. Bukan nusuk dari belakang ya guys, ini namanya tahu mana yang perlu diomongin mana yang enggak. Nggak semua hal harus diomongin kali, boleh dibahas di post lain waktu) pasti karena aku nggak pede dengan karyaku sendiri. Coba deh besok kalo pas lagi nyinyir, tanya diri sendiri deh, bener apa enggak.

Kalo kamu pede dengan keadaanmu sendiri, komentarnya pasti beda deh, bukan komentar nyinyir, tapi gini nih: "Wah mantap lah penghasilan 3jt/bulan bisa dibuat nyicil motor sendiri" abis itu pasti dia lebih giat kerja biar bisa nyicil yang lain nggak cuman nyicil motor doang.
Atau "Bagus sih alis kotak, tapi alis kaya gitu bukan style gue banget, karena muka gue nggak cocok aja kalau pake alis kaya gitu." terus dia jadi semangat buat belajar bikin bentuk-bentuk alis yang lain.

Atau "Ih keren banget deh bisa nemu vendor souvenir murah, besok-besok kalau aku married tanya-tanya kamu ya!" dia jadi seneng merasa berguna buat orang lain.

See..?
Di post kali ini, aku cuman mau menghimbau sih (cieelah...) supaya temen-temen sekalian (dan saya sendiri) belajar lah buat memberi komentar positif. Paling enggak, kalau nggak bisa kasi komentar positif (karena mungkin emang kebangetan bgt hahaha) kita bisa kasi komentar yg netral, atau yg membangun, misal...

"Disyukuri aja penghasilan 1jt/bulan sambil dijalani, sambil cari-cari kerjaan lain, daripada nganggur kan? Nanti aku juga bantu cari info-info loker deh. Siapa tahu ada yang cocok."

Atau  "Lihat nih ada video tutorial alis bagus, aku lagi belajar juga, susah gilak. Mau jadi modelku? Kita belajar bareng."

Atau ya nggak usah komentar sama sekali, disimpen sendiri aja kali, kenapa sih harus komentar? Kaya bakal mati kalau nggak komentar. Senyumin aja kalo bingung mau komentar apa. Hahaha. Karena:

Bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut -Matius 15:11

0 komentar:

Post a Comment

If you have something in mind, please let me know